METODE PERANCANGAN PEMOROGRAMAN
Review Materi
Materi Pertemuan 1
Materi Pertemuan 1
KONSEP PERANCANGAN PROGRAM
APA ITU PROGRAM ?
Kumpulan
instruksi / perintah yang dirangkaian sehingga membentuk suatu proses untuk
mengolah data.
APA ITU PEMOGRAMAN ?
Pemrograman
adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki , dan memelihara kode yang
membangun sebuah program komputer.
TIGA FAKTOR PENTING DALAM BAHASA PEMROGRAMAN
1.
Sintaks
Sintaks
adalah aturan penulisan suatu bahasa pemograman (tata bahasanya).
Contoh
:
#include<file-include>
main()
{
pernyataan; }
Apabila
terjadi kesalahan dalam penulisan
sintaks maka akan terjadi error pada saat kompilasi.
2.
Semantik
Semantik
adalah arti atau maksud yang terkandung didalam statement tersebut.
Contoh
:
·
\n;
arti semantiknya baris baru.
·
Printf();
arti semantiknya mencetak string ke layar.
·
Getch();
arti semantiknya membaca sebuah karakter.
3.
Kebenaran
Logika
Kebenaran
logika adalah berhubungan dengan benar
tidaknya urutan statement.
Contoh
:
main()
{int
bil=1;
while(bil<=5)
printf(" %d
",bil);
getch();}
Output
dari program di atas terjadi perulangan terus menerus yang tidak berakhir.
SOFTWARE DEVELOPMENT
LIFE CYCLE (SDLC)
SDLC
adalah serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh profesional dan pemakai
sistem informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan software
(program).
Aktivitas
atau proses standar yang digunakan untuk membangun program, yaitu :
• Analisa kebutuhan (spesifikasi)
•
Desain
•
Coding
•
Pengujian
METODOLOGI
PERANCANGAN PROGRAM
Prinsip
dasar dalam pembangunan program berdasarkan input data, proses dan output. Beberapa pendekatan perancangan program
:
1.
Procedure-Driven untuk perancangan
program berdasarkan pada apa yang akan dilakukan program (proses atau
fungsi).
·
Strateginya
adalah dengan memecahkan setiap fungsi menjadi lebih kecil dan lebih spesifik.
·
Contoh
: Program untuk persegi panjang dibagi menjadi fungsi : hitung keliling dan
hitung luas persegi panjang
2.
Event-Driven untuk perancangan
program berdasarkan pada kejadian atau interaksi dari luar dapat menyebabkan
perubahan dari satu kondisi ke kondisi lain.
·
Keadaan
awal dari sebuah program mengidentifikasikan seluruh pemicu yang mewakili
kejadian untuk kondisi yang akan dihasilkan.
·
Contoh
: apabila tombol mulai pada program stopwatch di klik maka program akan menghitung
waktu yang berjalan sampai tombol stop di klik.
3.
Data-Driven untuk perancangan
program berdasarkan struktur data.
·
Dimulai
dengan analisis data dan hubungan antara data, untuk menentukan struktur data
dasar. Setelah struktur data telah ditetapkan, output data yang diperlukan
diperiksa dalam rangka menentukan proses apa yang diperlukan untuk mengkonversi
data input ke output.
·
Contoh:
o
Untuk
membuat program menghitung bonus karyawan. Besar bonus masing-masing karyawan
tergantung gaji pokok dan jenis tanggung-jawabnya.
o
Data
Input : Data Profil Karyawan (seperti : nik, nama, jabatan, gaji pokok)
o
Data
Output : Bonus karyawan
o
Proses
:
Ambil
tanggung_jawab dari profil_karyawan
If
tanggung_jawab = “Sales manager”
Then
bonus = gaji_pokok * 0.10
Else
If
tanggung_jawab = “Senior salesman”
Then
bonus = gaji_pokok * 0.08
Else … dan seterusnya …
Komentar
Posting Komentar