METODE PERANCANGAN PEMOROGRAMAN



Review Materi 
Materi Pertemuan 1

KONSEP PERANCANGAN PROGRAM

APA ITU PROGRAM ?
Kumpulan instruksi / perintah yang dirangkaian sehingga membentuk suatu proses untuk mengolah data.

APA ITU PEMOGRAMAN ?
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki , dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer.

TIGA FAKTOR PENTING  DALAM BAHASA PEMROGRAMAN
1.       Sintaks
Sintaks adalah aturan penulisan suatu bahasa pemograman (tata bahasanya). 
Contoh :
#include<file-include>
main()
{ pernyataan; }
Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan  sintaks maka akan terjadi error pada saat kompilasi.

2.       Semantik
Semantik adalah arti atau maksud yang terkandung didalam statement  tersebut. 
Contoh :
·         \n; arti semantiknya baris baru.
·         Printf(); arti semantiknya mencetak string ke layar.
·         Getch(); arti semantiknya membaca sebuah karakter.

3.       Kebenaran Logika
Kebenaran logika  adalah berhubungan dengan benar tidaknya urutan statement.
Contoh : 
main()
{int bil=1;
while(bil<=5)     
printf(" %d ",bil);
getch();}

Output dari program di atas terjadi perulangan terus menerus yang tidak berakhir. 


SOFTWARE DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC)
SDLC adalah serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh profesional dan pemakai sistem informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan software (program).
Aktivitas atau proses standar yang digunakan untuk membangun program, yaitu  :
 • Analisa kebutuhan (spesifikasi)
• Desain
• Coding
• Pengujian

METODOLOGI PERANCANGAN  PROGRAM
Prinsip dasar dalam pembangunan program berdasarkan input data, proses dan output.  Beberapa pendekatan perancangan program : 
1.       Procedure-Driven untuk perancangan program berdasarkan pada apa yang akan dilakukan program (proses atau fungsi). 
·         Strateginya adalah dengan memecahkan setiap fungsi menjadi lebih kecil dan lebih spesifik.
·         Contoh : Program untuk persegi panjang dibagi menjadi fungsi : hitung keliling dan hitung luas persegi panjang

2.       Event-Driven untuk perancangan program berdasarkan pada kejadian atau interaksi dari luar dapat menyebabkan perubahan dari satu kondisi ke kondisi lain. 
·         Keadaan awal dari sebuah program mengidentifikasikan seluruh pemicu yang mewakili kejadian untuk kondisi yang akan dihasilkan.
·         Contoh : apabila tombol mulai pada program stopwatch di klik maka program akan menghitung waktu yang berjalan sampai tombol stop di klik.

3.       Data-Driven untuk perancangan program berdasarkan struktur data.
·         Dimulai dengan analisis data dan hubungan antara data, untuk menentukan struktur data dasar. Setelah struktur data telah ditetapkan, output data yang diperlukan diperiksa dalam rangka menentukan proses apa yang diperlukan untuk mengkonversi data input ke output.
·         Contoh:
o   Untuk membuat program menghitung bonus karyawan. Besar bonus masing-masing karyawan tergantung gaji pokok dan jenis tanggung-jawabnya.
o   Data Input : Data Profil Karyawan (seperti : nik, nama, jabatan, gaji pokok)
o   Data Output : Bonus karyawan 
o   Proses :
Ambil tanggung_jawab dari profil_karyawan
If tanggung_jawab = “Sales manager” 
Then bonus = gaji_pokok * 0.10
Else  
If tanggung_jawab = “Senior salesman”  
Then bonus = gaji_pokok * 0.08
Else … dan seterusnya …





Thank you😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN

METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN

E - BUSINESS