METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN
Review Materi
Materi Pertemuan 3
TAHAPAN PEMBANGUNAN PROGRAM
DEFINISI MASALAH
§ Pada tahap ini memerlukan pemahaman
terhadap permasalah dengan membaca berulang kali sampai dengan mengerti apa
yang dibutuhkan.
§ Permasalahan dibagi kedalam tiga
komponen:
o
Input
/ Masukan
o
Output
/ Keluaran
o
Proses
CONTOH KASUS
Sebuah toko
peralatan mandi menjual bak mandi plastik. Banyak customer yang bertanya volume
air yang dapat ditampung pada bak mandi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan
program untuk menghitung volume air bak mandi sesuai dengan ukuran yang
diinput.
Definisi
Masalah :
Input :
panjang, lebar dan tinggi
Output :
volume bak mandi
Proses :
volume bak mandi = panjang x lebar x tinggi
OUTLINE SOLUSI
§ Setelah permasalahan didefinisikan,
permasalahan dapat di bagi ke dalam tugas-tugas atau langkah
langkah yang lebih kecil dan menghasilkan outline solusi
§ Outline solusi awal dapat terdiri
dari:
o
Proses
utama
o
Subtask
utama
o
Struktur
Kontrol
o
Variabel
dan struktur record
o
Logic
utama (mainline)
Outline Solusi
PENGEMBANGAN OUTLINE KE DALAM
ALGORITMA
§ Outline solusi pada langkah kedua
dikembangkan menjadi algoritma yaitu sebuah set langkah yang menggambarkan
tugas yang akan dikerjakan dan urutan pengerjaannya.
MELAKUKAN TEST TERHADAP
ALGORITMA
§ Tujuan utama dari melakukan test
terhadap algoritma adalah adalah untuk menemukan kesalahan utama logik sejak
awal, sehingga akan lebih mudah diperbaiki.
§ Data test diperlukan untuk melakukan
test terhadap algoritma ini.
DESK CHECKS VS TEST PLANS
§ Desk Check
menekankan pada nilai variabel dan logika. Contoh : Berapakah nilai
variabel x setelah pernyataan; Apa pernyataan berikutnya yang akan dieksekusi ?
§ Test Plan fokus pada nilai input dan output
yang dibutuhkan untuk menguji program tanpa memperdulikan kinerja internal.
Contoh : Apa output yang benar dari sebuah input ?
TAHAPAN PENGECEKAN ALGORITMA
1. Pilih data sederhana yang valid. Dua
atau tiga data biasanya sudah mencukupi.
2. Tentukan hasil output yang diharapkan
untuk setiap set data.
3. Buatlah tabel yang nama variabel yang
ada pada algoritma di sebuah kertas
4. Jalankan test satu persatu mengikuti
algoritma yang ada, mulai dari perintah / statement pertama sampai dengan
selesai
5. Ulangi langkah tersebut menggunakan
set data yang lain.
6. Cek apakah hasil dari langkah 5,
sesuai dengan hasil yang diharapkan di langkah kedua
PEMERIKSAAN ALGORITMA
Tabel Desk Check
MEMINDAHKAN ALGORITMA KE DALAM BAHASA
PEMROGRAMAN
§ Setelah ke-empat langkah sebelumnya
dilakukan, maka pencodingan dapat dimulai dengan menggunakan bahasa pemrograman
yang dipilih.
DOKUMENTASI DAN PEMELIHARAAN PROGRAM
§ Dokumentasi melibatkan eksternal
dokumentasi (hierarchy chart, algoritma solusi, dan hasil data test) dan internal dokumentasi (coding program).
§ Pemeliharaan program meliputi
perubahan yang dialami oleh program (perbaikan ataupun penambahan modul, dll)
LATIHAN 1
Sebuah
sebidang tanah dengan ukuran 22 m x 15 m dibangun sebidang rumah dengan ukuran
8 m x 10 m. Sisa tanah yang tidak dibangun rumah ditumbuhi rumput. Pemilik
rumah berencana memanggil tukang potong rumput untuk merapikan rumput di
halaman rumahnya. Tarif per jam tukang rumput sebesar 100 ribu/jam. Berapa
tarif yang harus dibayar memotong rumput halaman rumah, dengan rata-rata 2 m2 /
menit.
Jawab:
§ Pseudocode
Program kecepatan
{tarif yang harus dibayar dengan
rata-rata 2m2/menit}
deklarasi
nisialisasi A = Luas tanah 22 m x 15 m
inisialisasi B = luas bangunan 8 m x
10 m = 80 m2
inisialisasi C = Tarif tukang potong
rumput 60000/jam
inisialisasi V = Kecepatan potong
rumput 2 m2/ menit
deskripsi
Cetak A = 22m x 15m
Cetak A
B = 8m x 10m
Cetak B
Sisa Tanah (E) = A-B
cetak sisa tanah
t= E : V
cetak t
C = t * 60000
cetak C
§ Flowchart
LATIHAN 2
Seorang kontraktor
sedang membangun sebuah rumah dengan ukuran 8 m x 12 m. Rumah tersebut akan
dipasangkan ubin dengan ukuran 30 x 30. Setiap kardus memiliki ukuran 1 m2.
Berapa kardus ubin yang harus dibeli ?
Buatlah pseudocode & flowchart serta program hitung kebutuhan ubin.
Jawab:
§ Pseudocode
Program penghitungan
{menghitung jumlah ubin yang
diperlukan}
Deklarasi
Inisialisasi P, l, luas_tanah,
luas_ubin
Deskripsi
Baca p, l
luas_rumah= p x l
luas_ubin
cetak hasil
§ Flowchart
Buatlah
pseudocode, flowchart dan program untuk :
1.
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan ?
2. Program
untuk menentukan apakah tahun yang diinputkan termasuk tahun kabisat/bukan.
Catatan Tugas
:
§ Tugas dibuat pada kertas folio
bergaris dengan menggunakan bolpoint.
§ Tugas dikumpulkan pada saat pertemuan
4. Bagi mahasiswa yang tidak mengumpulkan tugas maka tidak mendapat nilai tugas
2 (tidak ada sistem susulan).
Jawab:
1.
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan ?
§ Pseudocode
Program bilangan prima
{menentukan bilangan prima}
Deklarasi
Int x, y
Deskripsi
input bilangan
for int i=1; i<=x;i++
if
(x%i ==0)
y++;
if
(y==2)
x
adalah bilangan prima
else
bukan
bilangan prima
cetak hasil
selesai
§ Flowchart
§ Program
2. Program
untuk menentukan apakah tahun yang diinputkan termasuk tahun kabisat/bukan.
§ Pseudocode
Program tahun kabisat
{menentukan tahun kabisat}
Deklarasi
int x
Deskripsi
input tahun kabisat
if (x%4==0)
then tahun==kabisat
else
tahun==bukan tahun kabisat
cetak hasil
selesai
§ Flowchart
§ Program
Semoga bermanfaat yhaaaa...
Komentar
Posting Komentar