METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN


Review Materi 
Materi Pertemuan 3

TAHAPAN PEMBANGUNAN PROGRAM

DEFINISI MASALAH 
§  Pada tahap ini memerlukan pemahaman terhadap permasalah dengan membaca berulang kali sampai dengan mengerti apa yang dibutuhkan. 
§  Permasalahan dibagi kedalam tiga komponen: 
o   Input / Masukan 
o   Output / Keluaran 
o   Proses
CONTOH KASUS
Sebuah toko peralatan mandi menjual bak mandi plastik. Banyak customer yang bertanya volume air yang dapat ditampung pada bak mandi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan program untuk menghitung volume air bak mandi sesuai dengan ukuran yang diinput.
Definisi Masalah :
Input : panjang, lebar dan tinggi
Output : volume bak mandi
Proses : volume bak mandi = panjang x lebar x tinggi 

OUTLINE SOLUSI 
§  Setelah permasalahan didefinisikan, permasalahan dapat di bagi ke dalam tugas-tugas atau langkah langkah yang lebih kecil dan menghasilkan outline solusi 
§  Outline solusi awal dapat terdiri dari:
o   Proses utama 
o   Subtask utama 
o   Struktur Kontrol
o   Variabel dan struktur record 
o   Logic utama (mainline)
Outline Solusi


PENGEMBANGAN OUTLINE KE DALAM ALGORITMA 
§  Outline solusi pada langkah kedua dikembangkan menjadi algoritma yaitu sebuah set langkah yang menggambarkan tugas yang akan dikerjakan dan urutan pengerjaannya. 


MELAKUKAN TEST TERHADAP ALGORITMA 
§  Tujuan utama dari melakukan test terhadap algoritma adalah adalah untuk menemukan kesalahan utama logik sejak awal, sehingga akan lebih mudah diperbaiki. 
§  Data test diperlukan untuk melakukan test terhadap algoritma ini. 



DESK CHECKS VS TEST PLANS
§  Desk Check  menekankan pada nilai variabel dan logika. Contoh : Berapakah nilai variabel x setelah pernyataan; Apa pernyataan berikutnya yang akan dieksekusi ?
§  Test Plan fokus pada nilai input dan output yang dibutuhkan untuk menguji program tanpa memperdulikan kinerja internal. Contoh : Apa output yang benar dari sebuah input ?

TAHAPAN PENGECEKAN ALGORITMA
1.      Pilih data sederhana yang valid. Dua atau tiga data biasanya sudah mencukupi.
2.      Tentukan hasil output yang diharapkan untuk setiap set data. 
3.      Buatlah tabel yang nama variabel yang ada pada algoritma di sebuah kertas 
4.      Jalankan test satu persatu mengikuti algoritma yang ada, mulai dari perintah / statement pertama sampai dengan selesai
5.      Ulangi langkah tersebut menggunakan set data yang lain. 
6.      Cek apakah hasil dari langkah 5, sesuai dengan hasil yang diharapkan di langkah kedua

PEMERIKSAAN ALGORITMA

Tabel Desk Check


MEMINDAHKAN ALGORITMA KE DALAM BAHASA PEMROGRAMAN  
§  Setelah ke-empat langkah sebelumnya dilakukan, maka pencodingan dapat dimulai dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dipilih.


DOKUMENTASI DAN PEMELIHARAAN PROGRAM
§  Dokumentasi melibatkan eksternal dokumentasi (hierarchy chart, algoritma solusi, dan hasil data test)  dan internal dokumentasi (coding program).
§  Pemeliharaan program meliputi perubahan yang dialami oleh program (perbaikan ataupun penambahan modul, dll)

LATIHAN 1
Sebuah sebidang tanah dengan ukuran 22 m x 15 m dibangun sebidang rumah dengan ukuran 8 m x 10 m. Sisa tanah yang tidak dibangun rumah ditumbuhi rumput. Pemilik rumah berencana memanggil tukang potong rumput untuk merapikan rumput di halaman rumahnya. Tarif per jam tukang rumput sebesar 100 ribu/jam. Berapa tarif yang harus dibayar memotong rumput halaman rumah, dengan rata-rata 2 m2 / menit.
Jawab:
§  Pseudocode
Program kecepatan
{tarif yang harus dibayar dengan rata-rata 2m2/menit}

deklarasi
nisialisasi A = Luas tanah 22 m x 15 m
inisialisasi B = luas bangunan 8 m x 10 m = 80 m2
inisialisasi C = Tarif tukang potong rumput 60000/jam
inisialisasi V = Kecepatan potong rumput 2 m2/ menit


deskripsi
Cetak A = 22m x 15m
Cetak A
B = 8m x 10m
Cetak B
Sisa Tanah (E) = A-B
cetak sisa tanah
t= E : V
cetak t
C = t * 60000
cetak C

§  Flowchart


LATIHAN 2
Seorang kontraktor sedang membangun sebuah rumah dengan ukuran 8 m x 12 m. Rumah tersebut akan dipasangkan ubin dengan ukuran 30 x 30. Setiap kardus memiliki ukuran 1 m2. Berapa kardus ubin yang harus dibeli ?  Buatlah pseudocode & flowchart serta program hitung kebutuhan ubin.
Jawab: 
§  Pseudocode

Program penghitungan
{menghitung jumlah ubin yang diperlukan}
Deklarasi
Inisialisasi P, l, luas­_tanah, luas_ubin
Deskripsi
Baca p, l
luas_rumah= p x l
luas_ubin
cetak hasil


§  Flowchart


 TUGAS 2
Buatlah pseudocode, flowchart dan program untuk :
1. Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan ?
2. Program untuk menentukan apakah tahun yang diinputkan termasuk tahun kabisat/bukan.

Catatan Tugas :
§  Tugas dibuat pada kertas folio bergaris dengan menggunakan bolpoint. 
§  Tugas dikumpulkan pada saat pertemuan 4. Bagi mahasiswa yang tidak mengumpulkan tugas maka tidak mendapat nilai tugas 2 (tidak ada sistem susulan). 
Jawab:
1. Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan ?

§  Pseudocode
Program bilangan prima
{menentukan bilangan prima}
Deklarasi
            Int x, y
Deskripsi
            input bilangan
for int i=1; i<=x;i++
if (x%i ==0)
y++;
if (y==2)
x adalah bilangan prima
else
bukan bilangan prima
cetak hasil
selesai
§  Flowchart

§  Program


         

2. Program untuk menentukan apakah tahun yang diinputkan termasuk tahun kabisat/bukan.
§  Pseudocode
Program tahun kabisat
{menentukan tahun kabisat}
Deklarasi
int x
Deskripsi
input tahun kabisat
if (x%4==0)
then tahun==kabisat
else
tahun==bukan tahun kabisat
cetak hasil
selesai

§  Flowchart



§  Program




Semoga bermanfaat yhaaaa...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN

E - BUSINESS