E - BUSINESS




E – BUSINESS


E-Business atau Electronic Business adalah aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan cara memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.
Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.
Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.
7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business:
- Fokus: Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
- Banner berupa teks: karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
- Ciptakan 2 level afiliasi: Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
- Manfaatkan kekuatan e-mail: E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
- Menulis artikel: Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
- Lakukan e-Marketing: Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
- Komunikasi instan: Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.

E-BUSINESS TECHNOLOGY



E-Business Technology Key Issues:

          The development of the internet

1.       Internet → Inovation with computer
2.       Vannevar Bush (1913) → Prolific Tracer
(sebuah perangkat alat yang terdiri dari roda sepeda, drum berputar, roda gigi dan pena, Perangkat tersebut bisa mengukur jarak di atas tanah yang tidak rata)            
3.       Vannevar Bush (1919) → differential analyser
(komputer pertama yang dapat memecahkan persamaan matematika)
4.       Invest computer for military
5.       Alan Turing → Enigma komputer
(pemecah kode, dalam membalikkan prediksi dalam arus mendukung sekutu melawan Nazi Jerman)



          The World Wide Web (WWW)

1.       Tim Berners Lee, 1993 → hypertext transfer protocol (HTTP)
2.       HTTP  → HTML (Merancang web dengan teks, grafis)
3.       WWW Simple Operating
4.       Komputer Server (WWW) → mengaktifkan software→ berkomunikasi HTTP → difasilitasi oleh bahasa HTML.
5.       1993 → National Center for Supercomputing Applications (NCSA) → User Grafic Interface under windows for internet.
6.       (Windows menjadi bentuk khusus dari software ini yang dijalankan pada komputer klien untuk menyediakan sebuah interface instan untuk Web. Nama dari software ini adalah Web browser)

          Information infrastructure

1.       Infrastruktur informasi → sistem pendukung yang memungkinkan internet untuk bekerja
2.       Infrastruktur yang baik harus mampu dalam mendukung tingkat interaktivitas yang tinggi dan bergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak yang kuat
3.       Tingginya permintaan terhadap kecepatan akses membuat inisiatif pengembangan broadband
4.       Broadband → Transmisi Bandwidth Sinyal Telekomunikasi.
Broadband yaitu rentang sinyal frekuensi

          Electronic Data Interchange (EDI)


Electronic Data Interchange (EDI)→ Pertukaran Dokumen antar organisasi dengan aplikasi komputer.

          Program languages

1.       Pengembangan satu set instruksi
2.       Diterjemahkan oleh programer ke dalam bahasa mesin komputer.
3.       Jenis penerjemah bahasa
Ø  'assemblers' yang menerjemahkan kode instruksi simbolis
Ø  'compiler' yang menerjemahkan kode bahasa tingkat tinggi
4.       Dasar dari bahasa program → bilangan biner



          Industry standards



1.       Internet memungkinkan berbagi aplikasi dan fungsi melalui interface tunggal
2.       Kualitas layanan ditingkatkan dengan mengembangkan suatu sistem yang terintegrasi
3.       memungkinkan aliran bebas informasi antara semua pihak dalam value-chain
Oleh karena itu, bahwa perusahaan membutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi. Perusahaan-perusahaan terkenal mendukung dibuatnya suatu standarisasi. Industri dalam bidang e-bisnis harus punya standar sendiri. Mempunyai sistem yang menggabungkan jumlah terbesar dari kemampuan bisnis bersama

          Wireless technology



1.       Teknologi nirkabel telah menjadi suatu yang penting bagi perubahan struktural dalam perekonomian internet sejak pertama kali muncul sebagai saluran e-bisnis yang resmi pada 1990-an.
2.       Teknologi nirkabel mendorong munculnya model bisnis baru yang memanfaatkan peluang di luar paradigma e-bisnis.
3.       Munculnya jaringan internet seluler dapat dilihat sebagai salah satu peluang media yang paling signifikan disajikan kepada perusahaan di berbagai sektor industri.

          Interactive television


1.       Televisi interaktif merupakan perwujudan dari konvergensi televisi dan teknologi interaktif baru seperti internet
2.       Ciri utama dari televisi interaktif adalah keterlibatan penonton dalam experience televisi karena menawarkan kemungkinan interaksi antara konsumen dan konten.
3.       Perkembangan televisi digital telah membuka berbagai aplikasi baru yang interaktif dalam komunikasi dan industri penyiaran melalui perluasan sistem transmisi, meningkatkan standar teknis dan memperluas jangkauan penyediaan konten.

          Payment systems


1.       Pedagang online dapat membuka layanan pembayaran dengan mengakses website penyedia layanan pembayaran dan hanya mengklik untuk rincian yang berkaitan dengan perdagangan online.
2.       Ada banyak penyedia layanan pembayaran seperti WorldPlay dan Kaji, tetapi PayPal yang terdepan dalam hal ini.
3.       Salah satu aspek yang paling penting dari sistem pembayaran yang aman untuk e-bisnis dan e-commerce adalah keaslian transaksi
4.       Perangkat lunak yang paling umum digunakan untuk tujuan ini adalah Secure Sockets Layer (SSL) yang dikembangkan oleh Netscape
5.       SSL membuat penggunaan sertifikat digital untuk mengotentikasi suatu transaksi.
6.       Sebagian besar transaksi kartu kredit dilindungi oleh SSL
7.       SSL  ini adalah mekanisme pembayaran untuk mengkonfirmasi keaslian kedua pembeli dan penjual.

RINGKASAN

Ø  E - bisnis dan e-commerce adalah industri berbasis teknologi.
Ø  Perkembangan internet dan komersialisasi melalui World Wide Web telah membuka saluran penting komunikasi antara pembeli, penjual dan mitra dalam supply chain produk dan jasa.
Ø  Berkembangnya  penggunaan internet hanya mungkin terjadi karena infrastruktur informasi yang mendukung.
Ø  pengenalan teknologi broadband telah membantu mengurangi kemacetan di internet dengan mengakomodasi jumlah yang lebih besar dari pengguna serta menawarkan layanan berkecepatan tinggi.
Ø  Internet wireless mobile dan televisi interaktif adalah dua contoh dari saluran ini.
Ø  Salah satu hambatan untuk pertumbuhan e-bisnis dan e-commerce yaitu masalah keamanan.
Ø  Secara khusus, pihak yang berkepentingan seperti perusahaan, lembaga keuangan dan pakar keamanan telah mengembangkan sistem pembayaran yang kuat yang baik mengotentikasi pembeli dan penjual, dan menawarkan privasi dan keamanan.
Ø  Tetapi pada kenyataannya, penipuan di internet tetap menjadi masalah serius.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN

METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN