E - BUSINESS
E – BUSINESS
E-Business atau Electronic Business adalah
aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses
pertukaran barang dan/atau jasa dengan cara memanfaatkan internet sebagai
medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang
merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan,
pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis
yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini
dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa
internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari
IBM.
Marketspace adalah arena di internet, tempat
bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di
dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada
hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”,
dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas
melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran
barang atau jasa.
Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan
jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan
produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya
informasi.
7
strategi taktis untuk sukses dalam e-Business:
-
Fokus: Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus
dari masing-masing manajer produk.
-
Banner berupa teks: karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh
lebih tinggi dari banner berupa gambar.
-
Ciptakan 2 level afiliasi: Memiliki distributor penjualan utama dan agen
penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
-
Manfaatkan kekuatan e-mail: E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak
digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar
persetujuan.
-
Menulis artikel: Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau
sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang
informatif.
-
Lakukan e-Marketing: Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
-
Komunikasi instan: Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau
pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
E-BUSINESS TECHNOLOGY
E-Business Technology Key
Issues:
•
The development of the internet
1. Internet → Inovation with computer
2. Vannevar Bush (1913) → Prolific Tracer
(sebuah perangkat alat yang terdiri dari roda
sepeda, drum berputar, roda gigi dan pena, Perangkat tersebut bisa mengukur
jarak di atas tanah yang tidak rata)
3. Vannevar Bush (1919) → differential analyser
(komputer pertama yang dapat memecahkan
persamaan matematika)
4. Invest computer for military
5. Alan Turing → Enigma komputer
(pemecah kode, dalam membalikkan prediksi
dalam arus mendukung sekutu melawan Nazi Jerman)
•
The World Wide Web (WWW)
1. Tim Berners Lee, 1993 → hypertext transfer protocol
(HTTP)
2. HTTP → HTML
(Merancang web dengan teks, grafis)
3. WWW Simple Operating
4. Komputer Server (WWW) → mengaktifkan software→
berkomunikasi HTTP → difasilitasi oleh bahasa HTML.
5. 1993 → National Center for Supercomputing
Applications (NCSA) → User Grafic Interface under windows for internet.
6. (Windows menjadi bentuk khusus dari software ini
yang dijalankan pada komputer klien untuk menyediakan sebuah interface instan
untuk Web. Nama dari software ini adalah Web browser)
•
Information infrastructure
1. Infrastruktur informasi → sistem pendukung yang
memungkinkan internet untuk bekerja
2. Infrastruktur yang baik harus mampu dalam mendukung
tingkat interaktivitas yang tinggi dan bergantung pada perangkat keras dan
perangkat lunak yang kuat
3. Tingginya permintaan terhadap kecepatan akses
membuat inisiatif pengembangan broadband
4. Broadband → Transmisi Bandwidth Sinyal
Telekomunikasi.
Broadband yaitu rentang sinyal frekuensi
•
Electronic Data Interchange (EDI)
Electronic Data Interchange (EDI)→ Pertukaran Dokumen antar organisasi
dengan aplikasi komputer.
•
Program languages
1. Pengembangan satu set instruksi
2. Diterjemahkan oleh programer ke dalam bahasa mesin
komputer.
3. Jenis penerjemah bahasa
Ø 'assemblers' yang menerjemahkan kode instruksi simbolis
Ø 'compiler' yang menerjemahkan kode bahasa tingkat
tinggi
4. Dasar dari bahasa program → bilangan biner
•
Industry standards
1.
Internet memungkinkan berbagi aplikasi dan fungsi
melalui interface tunggal
2.
Kualitas layanan ditingkatkan dengan mengembangkan
suatu sistem yang terintegrasi
3.
memungkinkan aliran bebas informasi antara semua pihak
dalam value-chain
Oleh
karena itu, bahwa perusahaan membutuhkan sebuah sistem yang
terintegrasi. Perusahaan-perusahaan
terkenal mendukung dibuatnya suatu standarisasi.
Industri dalam bidang e-bisnis harus punya standar sendiri. Mempunyai sistem yang menggabungkan jumlah terbesar
dari kemampuan bisnis bersama
•
Wireless technology
1.
Teknologi nirkabel telah menjadi suatu yang penting
bagi perubahan struktural dalam perekonomian internet sejak pertama kali muncul
sebagai saluran e-bisnis yang resmi pada 1990-an.
2.
Teknologi nirkabel mendorong munculnya model bisnis
baru yang memanfaatkan peluang di luar paradigma e-bisnis.
3.
Munculnya jaringan internet seluler dapat dilihat
sebagai salah satu peluang media yang paling signifikan disajikan kepada
perusahaan di berbagai sektor industri.
•
Interactive television
1.
Televisi interaktif merupakan perwujudan dari
konvergensi televisi dan teknologi interaktif baru seperti internet
2.
Ciri utama dari televisi interaktif adalah
keterlibatan penonton dalam experience televisi karena menawarkan kemungkinan
interaksi antara konsumen dan konten.
3.
Perkembangan televisi digital telah membuka berbagai
aplikasi baru yang interaktif dalam komunikasi dan industri penyiaran melalui
perluasan sistem transmisi, meningkatkan standar teknis dan memperluas
jangkauan penyediaan konten.
•
Payment systems
1.
Pedagang online dapat membuka layanan pembayaran
dengan mengakses website penyedia layanan pembayaran dan hanya mengklik untuk
rincian yang berkaitan dengan perdagangan online.
2.
Ada banyak penyedia layanan pembayaran seperti
WorldPlay dan Kaji, tetapi PayPal yang terdepan dalam hal ini.
3.
Salah satu aspek yang paling penting dari sistem
pembayaran yang aman untuk e-bisnis dan e-commerce adalah keaslian transaksi
4.
Perangkat lunak yang paling umum digunakan untuk
tujuan ini adalah Secure Sockets Layer (SSL) yang dikembangkan oleh Netscape
5.
SSL membuat penggunaan sertifikat digital untuk
mengotentikasi suatu transaksi.
6.
Sebagian besar transaksi kartu kredit dilindungi oleh
SSL
7.
SSL ini adalah
mekanisme pembayaran untuk mengkonfirmasi keaslian kedua pembeli dan penjual.
RINGKASAN
Ø E -
bisnis dan e-commerce adalah industri berbasis teknologi.
Ø Perkembangan
internet dan komersialisasi melalui World Wide Web telah membuka saluran
penting komunikasi antara pembeli, penjual dan mitra dalam supply chain produk
dan jasa.
Ø Berkembangnya penggunaan internet hanya mungkin terjadi
karena infrastruktur informasi yang mendukung.
Ø pengenalan
teknologi broadband telah membantu mengurangi kemacetan di internet dengan
mengakomodasi jumlah yang lebih besar dari pengguna serta menawarkan layanan
berkecepatan tinggi.
Ø Internet
wireless mobile dan televisi interaktif adalah dua contoh dari saluran ini.
Ø Salah
satu hambatan untuk pertumbuhan e-bisnis dan e-commerce yaitu masalah keamanan.
Ø Secara
khusus, pihak yang berkepentingan seperti perusahaan, lembaga keuangan dan
pakar keamanan telah mengembangkan sistem pembayaran yang kuat yang baik
mengotentikasi pembeli dan penjual, dan menawarkan privasi dan keamanan.
Ø Tetapi
pada kenyataannya, penipuan di internet tetap menjadi masalah serius.
Komentar
Posting Komentar