METODE PERANCANGAN PEMOROGRAMAN



Review Materi 
Materi Pertemuan 2


ALGORITMA & PEMROGRAMAN


APAKAH ALGORITMA ?
·         Algoritma  berisi langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas.
·         Sebuah algoritma harus: 
        Memiliki masukkan (input)
        Menghasilkan keluaran (output)
        Terdefinisi jelas (definiteness)
        Memiliki kondisi akhir (finiteness)
        Memberi solusi yang diharapkan (effectiveness)
        Berlaku untuk setiap himpunan input sesuai dengan masalah yang diberikan (generality)

CONTOH ALGORITMA
Program Hitung_Kembali
{menghitung  uang kembali apabila input data tersebut diberikan}
Deklarasi long sisa, uang_bayar, total_bayar
Deskripsi
Baca total_bayar Hitung sisa = uang_bayar - total_bayar
Cetak sisa
END

CARA UNTUK MENYAJIKAN ALGORITMA
1.      Pseudocode 
Ø  Pseudocode merupakan salah satu cara untuk menuliskan algoritma
Ø  Karakteristik Pseudocode: 
        Statement / Perintah di tulis dalam bahasa Inggris / Indonesia sederhana. 
        Setiap perintah di tulis dalam baris terpisah 
        Keyword digunakan untuk menjelaskan control structure tertentu.
        Setiap set/bagian instruksi memiliki awal dan akhir 
        Pengelompokkan statement bisa membentuk satu modul yang mempunyai nama.

Struktur Pseudocode
·         Algoritma terdiri dari tiga bagian yaitu :
        Judul (Header) : mendefinisikan nama dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program, prosedur, fungsi. 
        Deklarasi : mendefinisikan nama variabel, nama konstanta, nama prosedur, nama fungsi yang akan digunakan dalam algoritma. 
        Deskripsi : mendefinisikan langkah-langkah penyelesaian masalah mulai dari input, proses dan ouput.
Ø  Pada setiap bagian tersebut apabila akan dituliskan komentar mengenai setiap bagian tersebut dituliskan diantara tanda kurung kurawal 
Contoh  :  { Komentar }

Contoh Pseudocode
Program Luas_Lingkaran
{menghitung luas sebuah lingkaran apabila jari-jari lingkaran tersebut diberikan}
Deklarasi 
inisialisasi konstanta phi = 3.14 
inisialisasi r, luas_lingkaran
Deskripsi 
Baca data r  luas_lingkaran = phi * r * r 
cetak luas_lingkaran

2.      Flowchart
·         Flowchart adalah suatu alat yang menunjukkan langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan untuk komputasi dengan cara mengekspresikan ke dalam serangkaian simbol-simbol grafis

·         Contoh Flowchart :

Ø  Simbol-simbol Flowchart Program


DATA PROGRAM
·         Program  ditulis untuk memproses data, dibutuhkan pemahaman yang baik terhadap sifat dan struktur dari data yang sedang diproses.  
·         Data dalam program mungkin dapat berupa variabel tunggal (seperti : integer, karakter),  atau kelompok (seperti : array, file)

VARIABLE & KONSTANTA
·         Variabel adalah nama yang diberikan kepada kumpulan sel memori untuk menyimpan item data tertentu yang nilainya dapat berubah pada program dieksekusi.   Contoh : namamhs, tgl_lahir, alamat1, dll.
·         Konstanta adalah item data dengan nama dan nilai yang tetap sama selama program di eksekusi. Contoh : define phi 3.14 atau phi = 3.14.

ELEMEN-ELEMEN PROGRAM
A. Aturan leksikal
·         Token
        Token (Kata) yaitu elemen terkecil pada bahasa pemrograman yang memiliki arti penting bagi compiler.
        Yang termasuk token antara lain: identifier, keywords(reserved words), operator, dan sebagainya.
        Token yang satu dengan yang lain dipisahkan dengan satu atau lebih spasi, tabulasi, baris baru, atau komentar.
·         Komentar
        Digunakan untuk memberikan suatu keterangan yang akan menjelaskan isi dari program secara singkat. 
        Komentar hanya sebuah tulisan pada program dan tidak akan diproses oleh komputer. 
        Bertindak sebagai dokumentasi.
        Notasi komentar pada setiap bahasa pemrograman berbeda-beda.
        Contoh : 
·         {komentar pada pascal}
·         //komentar pada c++
·         ‘komentar pada visual basic

·         Indentifier
        Identifier adalah token yang merepresentasikan nama sesuatu seperti : variabel/konstanta, field/atribut, prosedur/fungsi, dan lain-lain. 
        Aturan pemberian nama identifier:
·         Karakter pertama harus berupa huruf.
·         Karakter kedua dan selanjutnya dapat berupa huruf/angka/underscore.
·         Tidak boleh menggunakan karakter simbol (@ # $ % & *, dll) kecuali underscore.
·         Tidak boleh menggunakan kata kunci (keywords/ reserved words).
·         Huruf besar/kecil dianggap berbeda (khusus C++)
·         Tidak boleh ada spasi.
·         Nama identifier sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan atau sesuai objek yang akan diberi nama.
        Contoh penamaan identifier yang benar : idcust, tgl_lahir, telp1, dll.
        Contoh penamaan identifier yang tidak benar : @kdbrg, double, nama-depan, 3erat_badan, dll.

·         Keyword/Reserved Word
        Keywords atau reserved words merupakan  kata-kata yang telah ada/didefinisikan oleh bahasa pemrograman yang bersangkutan.
        Kata-kata tersebut telah memiliki definisi yang sudah tetap dan tidak dapat diubah.
        Karena telah memiliki definisi tertentu, maka katakata ini tidak dapat digunakan sebagai identifier.
        Contoh Keyword : break, switch, continue, repeat, until, function dll

·         Operator
        Merupakan simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data (operand).
        Operator yang digunakan dalam pemrograman:
·         Arithmetic operator  
·         Assignment operator
·         Logical operator
·         Relational operator
·         Pointer operator
·         Bitwise operator
B. Tipe Data
·         Tipe data terstruktur yaitu tipe data yang dapat menampung lebih dari satu  nilai, sbb: 
1)      Array adalah tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen/komponen yang memiliki tipe data yang sama. 
2)      Record adalah tipe data yang digunakan untuk merepresentasikan kumpulan (set) elemen/komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data. Tiap element disebut juga field atau property atau attribute
C. Expression
        Expression (ekspresi) yaitu suatu pernyataan yang menghasilkan suatu nilai.
        Expression tersusun dari operator dan operand yang digunakan untuk menghitung atau memberi suatu nilai suatu variable atau identifier.
        Expression yang paling sederhana yaitu nama variable.
        Expression yang lebih kompleks akan melibatkan operator-operator, maupun pemanggilan function atau procedure.

D. Statement
        Statement merupakan bagian program yang berisi perintah yang akan dieksekusi / dijalankan. Karena itu, statement-statement ini menentukan bagaimana jalannya program dan bagaimana suatu nilai variable dimanipulasi/berubah.
        Statement dapat dikelompokan menjadi antara lain:    
1.      Simple Statement   
Yang digolongkan ke dalam simple statement (statement sederhana) yaitu statement yang tidak berisi statement lainnya, sebagai berikut :
o   Assignment Statement yaitu statement yang digunakan untuk memberikan nilai ke suatu variable, contohnya :
ü  a := 10;
ü  b := a * 2;
ü  c := c * b;
o   Statement untuk pemanggilan function atau procedure yaitu statement yang memanggil function atau procedure yang telah didefinisikan pada program. Contoh :
ü  Calculate (a,b);
ü  Cetak (a,b);
o   Jump Statement yaitu statement yang digunakan untuk melompati statement-statement lain. Contoh :
ü  Melompat ke statement tertentu  goto
ü  Keluar dari iterative statement  break
2.      Compound Statement
        Compound statement (kumpulan statement) adalah sekumpulan statement yang terdiri dari statement-statement lain, termasuk juga selection statement dan interaction. 
        Selection statement digunakan untuk melakukan pemilihan sekumpulan statement (compound statement). Contoh :
a.      If ……Then
b.      Perintah Case
        Iteration statement digunakan untuk melakukan perulangan sekumpulan statement (compound statement). Contoh :
a.      Do While
b.      Repeat …….Until
c.       For……EndFor
E. Function & Procedure
        Procedure dan Function disebut juga subroutine, merupakan blok statement yang dapat dipanggil dari lokasi yang berbeda di dalam program. 
        Yang membedakan antara function dan procedure yaitu: suatu function jika dijalankan/dipanggil akan mengembalikan suatu nilai. 
        Ketika procedure atau function dipanggil, kita dapat melewatkan suatu nilai ke dalam function atau procedure tersebut.
        Nilai yang dilewatkan disebut juga argument atau parameter.

TUGAS 1
Buatlah pseudocode & flowchart untuk menghasilkan 1 liter air dengan menggunakan tabung dengan ukuran 3 liter dan 5 liter.  Catatan Tugas :
1.      Tugas dibuat pada kertas folio bergaris dengan menggunakan bolpoint. 
2.      Tugas dikumpulkan pada saat pertemuan 3. Bagi mahasiswa yang tidak mengumpulkan tugas maka tidak mendapat nilai tugas 1 (tidak ada sistem susulan). 
Jawab:
        Pseudocode
Program penghitung
{menghitung 1 liter air
dengan menggunakan tabung 3 liter dan 5 liter}

Deklarasi
    inisialisasi air 1 liter
    inisialisasi tabung 3 liter & 5 liter

Deskripsi
    input
    tabung = 1 liter
    Jika ya maka cetak tabung 1 liter
    Jika tidak maka kembali lagi input hingga tabung 1 liter
    Selesai

        Flowchart



Oke nanti lanjut lagi ya😜

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN

METODE PERANCANGAN PEMOGRAMAN

E - BUSINESS